Home » » KEADILAN DAN TOLERANSI DALAM AL-QUR'AN

KEADILAN DAN TOLERANSI DALAM AL-QUR'AN

Posted by AL-QUR'AN & AL-HADIST on Selasa, 10 Januari 2017

Keadilan adalah sebuah perintah pokok manusia untuk diterapkan kepada siapapun bahkan untuk diri sendiri. Keadilan juga berfungsi untuk kelestarian sosial dan damai bagi seluruh alam. Bukan hanya fungsi manusia mengerjakan keadilan untuk sesamanya saja akan tetapi keadilan juga memiliki fungsi lain, yaitu keadilan manusia juga harus menerapkan efek tersebut untuk hal-hal yang ada disekelilingnya, baik terhadap hewan ataupun terhadap tumbuh-tumbuhan. Inilah maksud makna "Keadilan" dalam konteks umum. 

Kita sebagai manusia, tentu jabatan utama dari Tuhan adalah berbuat keadilan bagi seluruh alam, karena memang pada dasarnya tujuan adanya kita diciptakan oleh Allah adalah untuk menjadi seorang khalifah dimuka bumi. Arti khalifah sama artinya pembimbing, pelestari dan penjaga untuk seluruh keutuhan alam dunia. Oleh karenanya segala perintah Tuhan haruslah kita ikuti dan diterapkan untuk sosial antar sesama dan selain daripadanya. karena jika sebuah perintah dari tuhan tidak dilakukan maka efek yang ditimbulkan dari sisi ketidak adilan yang seharusnya kita laksanakan akan merusak sisi kedamaian yang telah ada, hasilnya bumi akan mengalami pertikaian yang sanagt besar dan luas. 

Sekarang yang menjadi pertanyaannya adalah, apa yang harus dilakukan oleh kita sebagai manusia untuk mendapat kedamaian untuk dunia dan khususnya untuk diri kita sendiri ? jawabannya ada didalam semua catatan kitab suci kita, al-Qur'an. disanalah kita akan banyak menemukan kedamaian dan konsep toleransi yang telah diajarkan oleh Allah. 

Dalam buku ini anda akan banyak menemukan ajaran Tuhan yang sesungguhnya. Tentunya juga disana terdapat beberapa arahan hidup damai yang bertoleransi dan berkeadilan bagi kita untuk menggapai kehidupan hakiki baik didunia ini ataupun di akhirat nanti. 

Thanks for reading & sharing AL-QUR'AN & AL-HADIST

Newest
You are reading the newest post

0 komentar:

Posting Komentar

Loading...
'; (function() { var dsq = document.createElement('script'); dsq.type = 'text/javascript'; dsq.async = true; dsq.src = '//' + disqus_shortname + '.disqus.com/embed.js'; (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(dsq); })();